BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
a. penulisan judul
Indikator soal: Disajikan ilustrasi berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan abjad kecil semua), penerima asuh sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
2) Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
b. penulisan nama geografi
Indikator soal: Disajikan paragraf yang salag satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.
2. mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menggunakan ejaan
2. menggunakan tanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
a. memperbaiki penulisan kata/istilah
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; penerima asuh sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya
2) Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
b. memperbaiki kesalahan penggunaan kata serapan
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata serapan yang salah penulisannya; penerima asuh sanggup memilih kata serapan yang baku untuk memperbaikinya
2) Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
2. memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yang dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, penerima asuh sanggup memilih kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya
Soal UN 2017/2018 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
3. menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, penerima asuh sanggup memilih kesalahan penggunaan tanda baca disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut.
Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
2. Ruang Lingkup Materi Membaca Sastra Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
3. Ruang Lingkup Materi Menulis Terbatas Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa