BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
Indikator soal: Disajikan paragraf dengan beberapa kata yang dipakai secara tidak tepat, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
b. Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
2. mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
3. mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
4. mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
Indikator soal: Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
b. Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Indikator soal: Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali abjad k, p, t, s), akseptor ajar sanggup memilih kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapinya
b. Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
Menggunakan kata ulang
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, akseptor ajar sanggup memilih kata ulang yang sempurna untuk melengkapinya
2. mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Indikator soal: Disajikan paragraf yang belum lengkap kata penghubung temporal (urutan waktu), akseptor ajar sanggup memilih kata penghubung yang sempurna untuk melengkapinya
b. Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, akseptor ajar sanggup memilih cara perbaikan kalimat tersebut
b. Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
2. memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan paragraf deskripsi yang memakai tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), akseptor ajar sanggup memilih frasa adjektiva yang sempurna untuk memperbaikinya.
1) Soal UN 2017/2018 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
2) Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
3. menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya memakai kata tidak baku, akseptor ajar sanggup memilih kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat
Soal UN 2016/2017 Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
2. Ruang Lingkup Materi Membaca Sastra Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
3. Ruang Lingkup Materi Menulis Terbatas Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99
5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99