Dalam Kesempatan ini ngintipsekolah.com akan mengembangkan tentang KI dan KD Kurikulum 2013 kelas 2 Revisi tahun 2018. Seperti yang telah kita saya bagikan sebelumnya bahwa perihal permendikbud nomor 37 perihal ki dan kd jenjang sekolah Dasar dan Menegah
Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Seperti pada citra KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) dan KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan huruf siswa lebih lanjut.
Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Seperti pada citra KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) dan KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
- KI Dan KD Bahasa Indonesia KLS 2 Rev 2018 [ unduh, docx, pdf ]
- KI Dan KD PKn KLS 2 Rev 2018 [ unduh docx, pdf ]
- KI Dan KD Matematika KLS 2 Rev 2018 [ unduh docx, pdf ]
- KI Dan KD SBdP KLS 2 Rev 2018 [ unduh docx, pdf ]
- KI Dan KD PJOK KLS 2 Rev 2018 [ unduh docx, pdf ]
- KI Dan KD PAI KLS 2 Rev 2018 [ unduh docx, pdf ] update
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan huruf siswa lebih lanjut.