25. Bacalah kutipan dongeng berikut!
Motorku melaju dengan cepat, bunyi ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga saya tergelincir. Motorku masih di atas, tetapi badanku jatuh ke bawah, menyerupai masuk jurang. Tidak begitu dalam, tetapi sulit untukku naik ke atas lantaran jurang itu berbentuk sudut 90 derajat. Aku sungguh takut. Aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap sekali. Keunggulan kutipan dongeng tersebut yaitu ….
A. final dongeng mengejutkan sehingga memperlihatkan kesan mendalam
B. isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk berhati-hati
C. banyak memakai kiasan
D. final dongeng gampang ditebak oleh pembaca
(Soal UN tahun 2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs)
Pembahasan
Keunggulan yaitu keadaan (lebih) unggul; keutamaan; kepandaian (kecakapan, kebaikan, kekuatan, dan sebagainya) yang lebih daripada yang lain (https://kbbi.web.id/unggul).
Pernyataan perihal keunggulan buku yaitu pernyataan perihal keutamaan, kebaikan, dan kekuatan buku yang lebih daripada yang lain.
Pernyataan yang menyatakan keunggulan pada buku teks tersebut yaitu isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk berhati-hati (opsi B) dalam mengendarai motor. Kita dihentikan mengendarai motor dengan kecepatan tinggi lantaran sanggup mengalami kecelakaan dan berakibat fatal menyerupai yang terdapat dalam dongeng tersebut.
RINGKASAN MATERI
RESENSI BUKU
A. Pengertian Resensi
Resensi berasal dari Bahasa Latin yaitu revidere atau recensie (Belanda) yang artinya yaitu menimbang, melihat kembali, atau menilai.
Dalam KBBI, resensi yaitu ulasan dari sebuah buku. Kaprikornus resensi merupakan ulasan singkat/tulisan mengenai isi suatu buku, novel, majalah, drama ataupun film yang biasanya disiarkan oleh media-media sosial. Orang yang melaksanakan resensi disebut peresensi. Orang yang melaksanakan resensi harus objektif.
Tujuan meresensi buku antara lain mengajak para pembaca untuk berdiskusi lebih lanjut perihal persoalan yang diangkat dalam buku, memperlihatkan pemahaman dan informasi terhadap buku, memperlihatkan pertimbangan kepada pembaca, dan memperlihatkan jawaban /informasi atas pertanyaan yang sering dilontarkan pembaca terhadap buku. Berikut yaitu ciri-ciri teks resensi.
B. Struktur
1. Judul resensi
Judul resensi merupakan identitas suatu karya tulis sama halnya dengan judul buku. Contoh: The Coke Machine, Kebenaran Kotor di Balik Minuman Ringan Favorit Dunia
2. Identitas buku, meliputi: judul buku, nama pengarang, nama penerbit, ketebalan buku, tahun terbit, dan nomor edisi.
Contoh: 1. Identitas buku
Judul buku : Hujan Kepagian Pengarang : Nugroho Notosusanto Penerbit : Balai Pustaka Tahun Terbit : 2011 Jumlah Halaman : vi+62 halaman |
3. Pendahuluan , berisi latar belakang pengarang, keahlian, sikap-sikap, dan karya-karya yang dihasilkan olehnya. Biasanya kita bisa menemukan informasi mengenai pengarang pada cuilan awal atau final pada buku.
Edy Karsono ialah pengarang dari buku berjudul Pantai dan Kehidupannya yang mengungkapkan bahwa pantai itu keuntungannya bukan hanya sebagai daerah berekreasi, aneka macam manfaat-manfaat pantai yang sangat penting bagi manusia. Contohnya saja dalam bidang ekonomi, pantai sangat bermanfaat bagi penduduk sekitarnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan. |
4. Inti/isi resensi, berisi ulasan utama perihal buku/novel.
Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri atas 6 buah cerita. Cerpen tersebut mengisahkan perihal kesaksian perihal revolusi kemerdekaan. Perlu diketahui bahwa tidak banyak karya sastra menampilkan kisah-kisah di revolusi, yang kisahnya dialami sendiri oleh pengarangnya. Perang yang diceritakan dalam cerpen tidak hanya dilihat dari sudut insiden yang berkaitan dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya. Dalam buku Hujan Kepagian ini juga bisa dilihat banyak sisi yang lebih manusiawi. Pengarangnya sendiri juga terlibat pribadi dalam usaha kemerdekaan ketika menjadi anggota tentara pelajar. |
5. Keunggulan , berisi ulasan perihal kelebihan buku.
Keunggulan Isi Buku · Organisasi Buku : Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik. Dalam buku ini antara satu peristiwa dengan insiden lainnya terdapat keterkaitan sehingga bisa menarik pembaca. · Isi Buku : Dilihat dari isinya ceritanya sangat unik, menarik sehingga layak untuk dibaca. · Bahasa : Dilihat dari segi bahasa yang dipakai pengarang sederhana, akan tetapi memikat. Kalimat- kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga gampang dipahami. |
6. Kekurangan, berisi ulasan yang berkaitan dengan kelemahan-kelemahan buku.
Kelemahan Isi Buku Kelemahan buku ini yaitu kebiasaan pengarang memakai beberapa kosakata Belanda,sehingga pembaca kurang memahami arti kata tersebut. |
7. Penutup, berisi simpulan/pandangan penulis atas buku atau novel.
Kesimpulan : Buku kumpulan cerpen “Hujan Kepagian” ini cukup menarik, lantaran buku ini menceritakan kesaksian perihal revolusi kemerdekaan. Dan hanya sedikit karya sastra yang menampilkan kisah-kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh si pengarang. Selain itu, buku ini juga memilliki amanat yang mengajak kita generasi muda untuk tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa ini dan selalu berbuat baik. |
(oleh: Supriyadi)
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
4. Kalimat Hubungan Pertentangan Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua Teks Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
10. Pola Pengembangan Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
11. Menentukan Makna Ungkapan Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
15. Menentukan Tokoh Utama Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
19. Menentukan Amanat Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
25. Menentukan Keunggulan Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
- Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat kekerabatan lantaran akibat
- Kalimat yang memperlihatkan (bukti) tabiat tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan tanggapan konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks mekanisme
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan cuilan alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan abjad kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca