Rpp K13 Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Kelas 1 Semester 2 - Sahabat ngintip sekolah  kali ini saya akan membagikan perangkat pembelajaran RPP untuk kelas 1 semester 2 revisi tahun 2018.
 kali ini saya akan membagikan perangkat pembelajaran RPP untuk kelas  RPP K13 Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018


Salah satu kewajiban guru sebagai pendidik selain mengajar yaitu mempersiapkan terlebih dahulu dengan menciptakan perangkar pembelajaran salah satunya yaitu Rancangan kegiatan pembelajaran ( RPP ).


Mengapa guru harus menciptakan dan menyusun perangkat pembelajaran ?

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang guru untuk menyusun RPP sebagai pedoman dalam melaksanakan persiapan pembelajaran, sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016 bahwa setiap guru wajib mempunyai perangkat pembelajaran sebagai perjuangan sadar dan terjadwal untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga akseptor didik secara aktif berbagi potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, sopan santun mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.


Dalam teladan RPP yang saya bagikan Kegiatan inti memakai model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran.

Pemilihan pendekatan tematik dan /atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan persoalan (project based learning) diadaptasi dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.

Pendekatan penilaian Kurikulum 2013

Penilaian proses pembelajaran memakai pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai kesiapan akseptor didik, proses, dan hasil berguru secara utuh. Keterpaduan penilaian ketiga komponen tersebut akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan berguru akseptor didik yang bisa menghasilkan imbas instruksional (instructional effect) pada aspek pengetahuan dan imbas pengiring (nurturant effect) pada aspek sikap.
  • RPP Kelas 1 SM 2 Tema Pengalamanku [ unduh ]
  • RPP Kelas 1 SM 2 Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri [ unduh ]
  • RPP Kelas 1 SM 2 Tema Benda, Hewan dan Tanaman disekitarku [ unduh ]
  • RPP Kelas 1 SM 2 Tema Peristiwa Alam [ unduh ]

Hasil penilaian otentik dipakai guru untuk merencanakan kegiatan perbaikan (remedial) pembelajaran, pengayaan (enrichment), atau pelayanan konseling. Selain itu, hasil penilaian otentik dipakai sebagai materi untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan.

Evaluasi proses pembelajaran dilakukan dikala proses pembelajaran dengan memakai alat: lembar pengamatan, angket sebaya, rekaman, catatan anekdot, dan refleksi. Evaluasi hasil pembelajaran dilakukan dikala proses pembelajaran dan di final satuan pelajaran dengan memakai metode dan alat: tes lisan/perbuatan, dan tes tulis. Hasil penilaian final diperoleh dari adonan penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter