Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Kelas 1 Semester 2 - Sahabat ngintip sekolah kali ini saya akan membagikan perangkat pembelajaran RPP untuk kelas 1 semester 2 revisi tahun 2018.
Salah satu kewajiban guru sebagai pendidik selain mengajar ialah mempersiapkan terlebih dahulu dengan menciptakan perangkar pembelajaran salah satunya ialah Rancangan kegiatan pembelajaran ( RPP ).
Dalam pola RPP yang saya bagikan Kegiatan inti memakai model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran.
Pemilihan pendekatan tematik dan /atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan problem (project based learning) diadaptasi dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
Hasil penilaian otentik dipakai guru untuk merencanakan kegiatan perbaikan (remedial) pembelajaran, pengayaan (enrichment), atau pelayanan konseling. Selain itu, hasil penilaian otentik dipakai sebagai materi untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan.
Salah satu kewajiban guru sebagai pendidik selain mengajar ialah mempersiapkan terlebih dahulu dengan menciptakan perangkar pembelajaran salah satunya ialah Rancangan kegiatan pembelajaran ( RPP ).
Mengapa guru harus menciptakan dan menyusun perangkat pembelajaran ?
Sudah menjadi kewajiban bagi seorang guru untuk menyusun RPP sebagai pedoman dalam melaksanakan persiapan pembelajaran, sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016 bahwa setiap guru wajib mempunyai perangkat pembelajaran sebagai perjuangan sadar dan berkala untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran semoga penerima didik secara aktif membuatkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, budpekerti mulia, serta keterampilan yang diharapkan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.Dalam pola RPP yang saya bagikan Kegiatan inti memakai model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran.
Pemilihan pendekatan tematik dan /atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan problem (project based learning) diadaptasi dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
Pendekatan penilaian Kurikulum 2013
Penilaian proses pembelajaran memakai pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai kesiapan penerima didik, proses, dan hasil mencar ilmu secara utuh. Keterpaduan penilaian ketiga komponen tersebut akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan mencar ilmu penerima didik yang bisa menghasilkan imbas instruksional (instructional effect) pada aspek pengetahuan dan imbas pengiring (nurturant effect) pada aspek sikap.- RPP Kelas 1 SM 2 Tema Pengalamanku [ unduh ]
- RPP Kelas 1 SM 2 Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri [ unduh ]
- RPP Kelas 1 SM 2 Tema Benda, Hewan dan Tanaman disekitarku [ unduh ]
- RPP Kelas 1 SM 2 Tema Peristiwa Alam [ unduh ]
Evaluasi proses pembelajaran dilakukan ketika proses pembelajaran dengan memakai alat: lembar pengamatan, angket sebaya, rekaman, catatan anekdot, dan refleksi. Evaluasi hasil pembelajaran dilakukan ketika proses pembelajaran dan di final satuan pelajaran dengan memakai metode dan alat: tes lisan/perbuatan, dan tes tulis. Hasil penilaian final diperoleh dari adonan penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran.