SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL (UN) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
HOTS atau higher order thinking skill yaitu proses berpikir tingkat tinggi. Dalam taksonomi Bloom yang direvisi Anderson, HOTS menduduki level C4, C5 dan C6, analisis, evaluasi. dan kreasi. HOTS yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Dalam soal ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia soal HOTS dikategorikan ke level kognitif daypikir (L3) mencakup kompetensi sebagai berikut.
1. Membandingkan
2. Menunjukkan bukti
3. Menganalisis
4. Menanggapi/Mengomentari
5. Merefleksi
6. Mengevaluasi
7. Memvariasikan
A. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Indikator soal
Peserta didik sanggup membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
Cermati teks berikut!
Teks 1 Seorang kakek hidup serumah bersama anak, menantu, dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam bersama. Si kakek yang sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan mata rabunnya menciptakan kakek susah menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh. Saat si kakek meraih gelas, sering susu tumpah membasahi taplak. Anak dan menantunya menjadi gusar. Suami-istri itu kemudian menempatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan, daerah sang kakek makan sendirian. Mereka memperlihatkan mangkuk melamin yang tidak praktis pecah. Saat keluarga sibuk dengan piring masing-masing, sering terdengar ratap kesedihan dari sudut ruangan. Namun, suami-istri itu jusrtu mengomel biar si kakek tak menghamburkan kuliner lagi.
Sang cucu yang berusia 6 tahun mengamati semua bencana di dalam diam. Suatu hari si ayah memerhatikan anaknya sedang menciptakan replika mainan kayu. “Sedang apa, Sayang?” tanya ayah pada anaknya. “Aku sedang menciptakan meja buat ayah dan ibu. Persiapan buat ayah dan ibu jikalau saya besar nanti.” Ayah anak kecil itu eksklusif terdiam. Ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan kembali diajak makan di meja yang sama. Tak kan ada lagi omelan ketika piring jatuh, makan tumpah, atau taplak ternoda kuah.
Teks 2
Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono, dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang.“Saya heran pada dosen ilmu politik, kalau ngajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri,” kata Tono kepada Udin. Udin ogah-ogahan menjawab pertanyaan Tono. Udin beranggapan bahwa kasus yang dibicarakan Tono itu tidak penting.
Namun, Tono tetap meminta biar Udin mau mengira teka-tekinya.
“Barangkali saja, dia capek atau kakinya tidak berpengaruh berdiri,” jawab Udin merasa jengah. Ternyata balasan Udin masih juga salah. Menurut Tono, dosen yang juga pejabat itu tidak bersedia bangkit alasannya yaitu takut kursinya diambil orang lain.”
Mendengar pernyataan Tono, Udin menanyakan apa korelasi antara menjadi dosen dan pejabat. “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.” ungkap Tono.
Persamaan kedua teks cerita tersebut yaitu . . .
A. menggunakan sudut pandang orang ketiga
B. menguraikan tabiat tokoh kakek dan dosen yang lugu
C. konflik wacana masa depan tokoh kakek dan dosen
D. latar kisah di rumah tokoh utama
E. tema cerita wacana kesabaran tokoh
Kunci Jawaban: A
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
Indikator soal
1. Peserta didik sanggup membuktikan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)
Cermati kutipan berikut!
Bagi nenek, wibawa harus terus dijaga biar orang di luar griya mau menghargainya. Kenyataannya? Memang nenek bisa mengatur keluarga. Bahkan Ida Bagus Tugur, suaminya, takkan berkutik hanya dengan batuk kecil. Anehnya, nenek hanya pandai membaca kesalahan-kesalahan yang dibentuk suaminya. Tapi dia tidak lihai membaca kesalahan anak kesayangannya, anak lelaki satu-satunya yang teramat dia kagumi dan terlalu sering menciptakan kasus itu. Pembuktian latar suasana tidak nyaman dalam kutipan tersebut yaitu . . .
A. Nenek selalu mempermasalahkan suaminya.
B. Nenek selalu menjaga wibawanya.
C. Nenek tidak bisa mengatur keluarga.
D. Cucu nenek sering menciptakan masalah.
E. Suami nenek tidak berkutik dengan batuk kecil.
Kunci Jawaban: E
2. Peserta didik mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini
Cermati kutipan cepen berikut!
Satu jam berlalu, kami melongo dan terhanyut dalam angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi ketika ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi saya yakin bahwa Tuhan tidak memberi cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya. Namun, Ranti Istriku, tetap ngotot dan terus-menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, saya bangkit dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan mondar-mandir, Mas, cepat cari jalan keluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula kasus ini tidak bisa menunggu, harus segera cari sumbangan lantaran kalau hujan turun dengan lebat takutmya rumah ini akan rubuh.”
Keterkaitan isi cerpen dengan kehidupan sehari-hari yaitu . . .
A. Suami biasanya tidak peduli dengan kasus rumah tangga.
B. Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan.
C. Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
D. Perlu sumbangan dana yang besar untuk memperbaiki rumah.
E. Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.
Kunci jawaban: C
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
Indikator soal penerima didik sanggup memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Cermati kalimat berikut!
Jika kecelakaan menimpa Anda ketika sendirian di rumah dan mengalami pendarahan, terutama ketika masih sadar, segera hentikan pendarahan tersebut. Gunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan.
Kalimat tanya yang mempunyai tujuan sama dengan kalimat bercetak miring tersebut adalah...
A. Sudahkan Anda memakai handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan?
B. Apakah Anda sudah menghentikan pendarahan dengan cepat dan tepat?
C. Apakah handuk atau sejenisnya sanggup menghentikan pendarahan?
D. Mengapa handuk ataus sejenisnya dipakai untuk menghentikan pendarahan?
E. Siapakah yang sanggup menghentikan pendarahan pada ketika kritis?
2. Peserta didik sanggup menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
Kunci Jawaban: A
Cermati paragraf berikut!
Diperlukan proses yang panjang untuk menghasilkan kopi luwak yang nikmat. Biji kopi yang benar-benar segar dan berwarna merah yang akan digunakan. …, biji kopi dipilih dengan memisahkan biji kopi yang segar dan wangi dengan cara direndam. Biji kopi yang baik akan tenggelam, … yang wangi akan mengapung, … biji kopi teresbut diberikan kepada musang atau luwak jenis binturong dan bulan (luwak pemakan kopi). Dalam proses ini, luwak mempunyai tugas yang sangat penting lantaran indera penciumannya hanya akan menentukan biji kopi sempurna.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yaitu . . .
A. kemudian, karena, sementara
B. sementara , bahkan, kemudian
C. selanjutnya, sedangkan, kemudian
D. kemudian, bahkan, selanjutnya
E. jika, sementara, kemudian
Kunci Jawaban: C
D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
1. Peserta didik sanggup memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Cermati paragraf berikut!
Plaza Amabarroso akan menggelar Jogja Fashion Festival (JFF) pada bulan Maret 2017. JFF ke-10 ini akan menghadirkan sesuatu yang gres yang mana berupa “Fashion Show” busana laki-laki dengan mempunyai tema Mystique Man. Peragaan busana ini akan menjadi salah satu daya tarik pada acara yang digelar untuk meramaikan ulang tahun Plaza Ambarroso. Kegiatan kali ini menampilkan peragaan busana pria. Lelaki pun mempunyai gaya busana yang tidak kalah menariknya dengan gaya busana wanita.
Perbaikan kalimat yang dicetak miring pada paragraf tersebut yaitu . . .
A. JFF ke-10 ini dihadirkan dengan sesuatu yang gres yang berupa fashion show busana laki-laki dengan tema Mystique Man.
B. JFF ke 10 ini menghadirkan sesuatu yang gres berupa fashion show busana laki-laki dengan mempunyai tema Mystique Man.
C. JFF ke sepuluh ini akan hadirkan sesuatu yang gres berupa fashion show busana laki-laki dengan tema Mystique Man.
D. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan fashion show yang gres berupa busana laki-laki dengan tema Mystique Man.
E. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan sesuatu yang gres berupa fashion show dengan bertema Mystique Man.
Kunci Jawaban: D
2. Peserta didik sanggup menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf
Cermati paragraf berikut!
(1) Berdasarkan hasil penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang sekali dibandingkan tahun lalu. (2) Sebagian besar lahan hutan bakau berubah fungsi menjadi tambak udang maupun ikan. (3) Ada pula yang berubah fungsi menjadi wilayah indusrti maupun permukiman. (4) selain itu, terjadi penebangan hutan bakau yang sebagain besar dipakai untuk kayu bakar. (5) Hal ini juga menambah parahnya hutan bakau.
Perbaikan kalimat yang salah dan alasannya yang tepat yaitu . . .
No | Perbaikan Kalimat | Alasan |
A | Berdasarkan penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang sekali di banding tahun lalu | Kata penelitian sudah menyatan hasil. |
B | Berdasarkan hasil penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang dibandingkan tahun lalu. | Kata sangat sudah bermakna intensitas, tidak perlu kata sekali. |
C | Sebagian besar lahan hutan bakau berubah fungsi menjadi tambak udang dan ikan. | Konjungsi maupun seharusnya berkait dengan konjungsi baik yang menyatakan pilihan. |
D | Namun, terjadi penebangan hutan bakau yang sebagian besar dipakai untuk kayu bakar. | Konjungsi selain itu menyatakan penambahan hal lain, seharusnya pertentangan. |
E | Selain itu, terjadi penebangan hutan bakau dan sebagian besar dipakai untuk kayu bakar. | Konjungsi yang tidak menyatakan penguhung antarklausa. |
E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
1. Peserta didik sanggup memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Cermati paragraf berikut!
Aku menjauhi trotoar, berjalan beberapa langkah dengan wajah tengadah. Lalu dari tengah jalan seraya mengatupkan kedua tangan biar membentuk corong di sekitar mulut, saya berteriak sekeras-keras: “ Lihat saja, saya bisa lebih dari kalian. Aku bisa, saya niscaya bisa!!” Semua orang melihatku, tapi saya tidak peduli. Aku lebih menentukan melanjutkan berjalan menuju rumah dengan mata berkaca-kaca, sambil dalam hati memohon, “Ibu, tolong bantu aku.” Dengan perlahan-lahan, saya berbisik pada diriku sendiri.
Perbaikan kata ulang dicetak miring pada paragraf tersebut yaitu . . . .
A. keras-keras
B. sekeras-kerasnya
C. sekeras-keras
D. keras-kerasan
E. mengeras-keras
Kunci Jawaban: B
Cermati paragraf berikut!
Pembelajaran Bahasa Indonesia ketika ini mulai dikembangkan dengan pendekatan komunikasi. Penerapan metode ini akan memperlihatkan pelengkap wawasan, baik kepada siswa maupun guru. Peran guru di dalam kelas hanya sebagai fasilitas dan motivitas, bukan lagi menjadi sumber isu satu-satunya.
Perbaikan kata serapan yang tepat untuk kata bercetak miring tersebut yaitu . . .
A. komunikasi, fasilitas, motivatior
B. komunikan, fasilitas, motivasi
C. komunikatif, fasilitator, motivasi
D. komunikatif, fasilitator, motivator
E. komunikan, fasilitas, motivator
Kunci Jawaban: D
2. Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Cermati kalimat berikut!
Gedung itu dibangun di atas lahan seluas 1,732 meter persegi biaya sebesar Rp2,95 triliun.
Keselahan tanda baca koma (,) pada kalimat tersebut beserta alasannya yaitu . . .
A. Penulisan Rp 2,95 triliun karena menyatakan jumlah uang memakai tanda koma dan angka 00 di belakang jumlah.
B. Penuliisan 1,732 meter karena untuk menunjukkan jumlah dipakai tanda titik setiap tiga angka dari belakang.
C. Penulisan Rp 2,95 triliun karena hanya terdiri atas tiga angka sehingga tidak memerlukan tanda baca.
D. Penulisan 1,732 meter karena untuk membuktikan jumlah tidak diharapkan tanda baca apapun.
E. Penulisan Rp 2,95 triliun karena kata rupiah merupakan kependekan harus diikuti tanda titik.
Kunci Jawaban: B
BACA JUGA
1. LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS KLIK www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
2. MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS KLIK www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
3. RPP BERORIENTASI HOTS KLIK www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
4. SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL KLIK www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
5. MENGAPA HOTS?
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Kalimat Resensi Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
2. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
3. Latar Suasana Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
4. Konflik dalam Cerpen Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
3. Latar Suasana Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
4. Konflik dalam Cerpen Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
10.: Penilaian terhadap Isi Teks Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
11. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
13. Keteladanan Tokoh dalam Biografi Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
21. Menentukan wangsit pokok paragraf Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
27. Memperbaiki Kata Tidak Baku Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
29. Penulisan Nama Geografi Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
30. Pengembangan Topik Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
32. Penulisan Judul Karangan Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
35. Melengkapi Teks Drama Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=langkah-langkah-menyusun-soal-hots
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-25
1. Menentukan kalimat utama
2. Menentukan makna istilah
3. Menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
4. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
5. Menentukan kalimat fakta dalam paragraf
6. Menentukan wangsit pokok paragraf
7. Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
8. Menentukan kalimat yang memakai kata tidak baku
9. Menentukan keteladanan tokoh dalam biografi
10. Menjawab pertanyaan sesuai isi biografi
11. Menentukan opini redaksi pada tajuk rencana
12. Menentukan pihak yang dituju pada redaksi
13. Menentukan kata rujukan
14. Menentukan perbedaan isi dua teks (laporan hasil observasi)
15. Menentukan inti kalimat
16. Menentukan makna lambang
17. Menentukan kalimat bermajas
18. Menentukan cara pendeskripsian tabiat tokoh
19. Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat
20. Menentukan konflik cerita
21. Menentukan kalimat yang memperlihatkan tabiat tokoh
22. Menentukan nilai budaya dalam cerpen
23. Menentukan amanat cerpen
24. Menentukan kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25. Menentukan kaitan isi cerpen dengan kehidupan ketika ini
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 26-50
26. Menentukan maksud isi gurindam
27. Menilai keunggulan dan kelemahan buku
28. Menyusun ringkasan teks
29. Mengurutkan kalimat acak
30. Menentukan kalimat argumen
31. Menyusun kalimat final paragraf
32. Menentukan peribahasa yang tepat sesuai ilustrasi
33. Menentukan ungkapan yang tepat sesuai ilustrasi
34. Melengkapi teks deskripsi
35. Melengkapi teks argumentasi
36. Melengkapi larik pantun
37. Melengkapi teks prosedur
38. Menyusun teks esai
39. Menggunakan konjungsi temporal
40. Menggunakan kata berimbuhan
41. Menggunakan kata ulang
42. Melengkapi paragraf dengan kalimat simpulan
43. Menggunakan frasa adjektiva
44. Memperbaiki kalimat tidak efektif
45. Menentukan alasan penyebab ketidakbakuan kata
46. Memperbaiki kata tidak baku menjadi kata baku
47. Memperbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat
48. Mengidentifikasi penulisan judul yang benar
49. Menggunakan tanda baca dengan tepat
50. Menentukan alasan kesalahan pemakaian tanda baca