Dikdat Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun 2017/2018 Nomor 31: Kata Ulang


31. Cermati paragraf Berikut!
Aku  menjauhi trotoar, berjalan beberapa langkah dengan wajah tengadah. Lalu dari tengah jalan seraya mengatupkan kedua tangan biar membentuk corong di sekitar mulut, saya berteriak sekeras-keras: “ Lihat saja, saya sanggup lebih dari kalian. Aku bisa, saya niscaya bisa!!” Semua orang melihatku, tapi saya tidak peduli. Aku lebih menentukan melanjutkan berjalan menuju rumah dengan mata berkaca-kaca, sambil dalam hati memohon, “Ibu, tolong bantu aku.” Dengan perlahan-lahan, saya berbisik pada diriku sendiri. 
Perbaikan kata ulang dicetak miring pada paragraf tersebut ialah . . . .
A. keras-keras
B. sekeras-kerasnya
C. sekeras-keras
D. keras-kerasan
E. mengeras-keras
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Perbaikan kata ulang tersebut yang sempurna ialah sekeras-kerasnya (opsi B). Kata ulang sekeras-kerasnya bermakna menyatakan tingkat paling.
RINGKASAN MATERI
Pembentukan Kata dengan Pengulangan
Reduplikasi atau perulangan ialah proses pengulangan kata atau unsur kata. Reduplikasi juga merupakan proses penurunan kata dengan perulangan utuh maupun sebagian (https://id.wikipedia.org/wiki/Reduplikasi)
Pengulangan dalam bahasa Indonesia juga termasuk bab dari proses pembentukan kata.
Dalam hal ini, khususnya pada ragam tulis, ditambahkan tanda hubung di antara unsur yang
diulang dan unsur pengulangnya. Tanda hubung tersebut ditulis rapat, tidak didahului atau diikuti
spasi.
Misalnya:
tanda
à tanda-tanda
lari -
à berlari-lari
kejar --
à  berkejar-kejaran
tolong -
à tolong-menolong
tembak
à  tembak-menembak
tanam
à  tanam-tanaman
Catatan:
Bentuk ulang campuran kata ditulis dengan mengulang unsur pertama.
Misalnya:
surat kabar
® surat-surat kabar
kapal barang
® kapal-kapal barang
rak buku
® rak-rak buku
kereta api cepat
® kereta-kereta api cepat
Mustakim. 2014. Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan



Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018









12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 


14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 







21. Menentukan pandangan gres pokok paragraf Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 


23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 



26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 


28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 





33. Kalimat Esai Sesuai Kutipan Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 

34. Melengkapi Teks dengan Kata Berimbuhan Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 




38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 

39. Kalimat Kesepakatan dalam Teks Negosiasi Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 




43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 

44. Melengkapi Paragraf dengan Konjungsi Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 




48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 

49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 

50. Melengkapi Paragraf dengan Peribahasa Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa



Related Posts

Subscribe Our Newsletter