Dikdat Kisi-Kisi, Soal, Dan Pembahasan Persiapan Un 2018/2019 Smp/Mts Mata Pelajaran Bahasa Indonesia




Berikut disajikan materi persiapan UN 2018/2019 tingkat SMP/MTs. mata pelajaran bahasa Indonesia mencakup kisi-kisi, soal, pembahasan, dan ringkasan materi.
Kisi-kisi terdiri atas lima ruang lingkup materi, yaitu membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata, kalimat, dan paragraf, dan menyunting ejaan dan tanda baca. 
Kisi-kisi berikut disusun menurut kisi-kisi UN 2017/2018 dan soal UNKP Bahasa Indonesia SMP/MTs. tahun pelajaran 2017/2018
A. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA NON SASTRA

1.      Menentukan  makna kata/kalimat pada teks 
2.      Menentukan informasi tersurat teks 
3.      Menentukan cuilan teks/Kalimat utama paragraf
4.      Menentukan ilham pokok 
5.      Menyimpulkan isi teks 
6.      Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks 
7.      Meringkas isi teks
8.      Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks 
9.      Menilai keunggulan/kelemahan teks
10.  Mengomentari isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

1.      Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
2.      menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
3.      menentukan cuilan cerpen dan fabel
4.      Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
5.      menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fable 
6.      Menyimpulkan sebab/akibat konflik 
7.      Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
8.      Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
9.      menunjukkan bukti latar dan watak 
10.  Mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini
11.  mengomentari unsur intrinsik karya sastra

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS

1.      melengkapi istilah/kata dalam kalimat
2.      menyusun urutan kalimat banyak sekali jenis teks
3.      melengkapi paragraf
4.      melengkapi cuilan teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
5.      Memvariasikan kata 
6.      Memvariasikan kalimat 
7.      menulis dengan gambaran tertentu
8.      Mengubah teks ke bentuk lain

D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF

1.      menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
2.      menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah 
3.      menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
4.      mengisi konjungsi dalam kalimat
5.      Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraph 
6.      menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf

E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA

1.      Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
2.      Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
3.      Menggunakan ejaan
4.      Menggunakan tanda baca
5.      Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
6.      Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
7.      Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca 


SOAL DAN PEMBAHASAN 
SOAL UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Bacalah teks Berikut!

Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan bermacam-macam upaya. Pertama, dibutuhkan upaya persuasif untuk memperlihatkan pemahaman kepada masyarakat perihal pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan pola aktual tugas lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga lingkungan biar tetap higienis dan sehat.

Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah…

A. meyakinkan melalui cara membujuk
B. Memberi tahu dengan cara kekerasan
C. meyakinkan dengan memperlihatkan ceramah
D. memperlihatkan imbauan menuju kebaikan
2. Bacalah teks Berikut
(1) Ajakan Pemerintah Provinsi DKI untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta menjadikan perdebatan di masyarakat. (2) Kedatangan masyarakat untuk bermain permainan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun demikian, muncul kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu. 
Maksud kalimat nomor (1) pada teks tersebut adalah
A. Masyarakat DKI sangat antusias menyambut permainan Pokemon Go
B. Permainan Pokemon Go sanggup dilakukan di Balai Kota Jakarta saja.
C. Tidak semua masyarakat sepakat dengan undangan untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta.
D. Pemerintah DKI Jakarta melarang masyarakat untuk bermain Pokemon Go di balai Kota Jakarta. 
3. Bacalah teks Berikut!
Dalam sebuah penelitian perihal minat baca, hanya 22% responden yang menyukai buku digital. Sebagian besar responden lebih menyukai buku cetak meskipun buku digital mempunyai beberapa unggulan. Selain alasan kenyamanan mata pada ketika membaca, sedikitnya judul buku dalam versi digital juga menjadi alasan responden lebih menyukai buku cetak. 
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…
A. Kenyamanan mata dalam membaca menjadi alasan menentukan buku digital.
B. Hanya sebagian kecil responden menyukai buku digital.
C. Buku digital mempunyai banyak keunggulan daripada buku cetak.
D. Koleksi buku digital sangat elok sehingga disukai oleh responden.
4. Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak mempunyai tugas yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua sebenarnya demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan relasi kontradiksi pada teks tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
5. Bacalah paragraph berikut!
Seseorang akan diuji dengan apa yang beliau miliki. Ketika mempunyai ilmu, beliau akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, beliau akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di ketika menduduki jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan wewenang yang diembannya. 
Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. ujian hidup seseorang
B. kebahagiaan keluarga
C. seseorang mempunyai harta
D. tanggung jawab wewenang
6. Bacalah paragraf berikut!
(1) Terkena serangan jantung yakni pembunuh utama di dunia. (2) Banyak faktor yang menciptakan seseorang terkena serangan jantung. (3) Salah satu di antaranya yakni tingginya kolesterol dalam tubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi juga menjadi salah satu dari beberapa pemicu kolesterol.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
4. (4)
7. Bacalah teks berikut!
Bagi anak-anak, bermain merupakan acara yang menyenangkan. Selain itu, bermain sanggup dipakai untuk melatih otak si kecil biar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini sanggup diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan mempunyai banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan. 
Simpulan isi teks tersebut yakni ….
A. Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.
B. Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
C. Permainan sanggup menghipnotis kondisi emosional anak.
D. Permainan hanya menciptakan anak menjadi senang semata. 

8. Bacalah teks berikut!

Karakter yakni kunci keberhasilan individu. Karakter merupakan nilai-nilai sikap insan yang bekerjasama dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan. Hal tersebut terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau sikap insan tersebut menurut norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan moral istiadat.

Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar lantaran berkhasiat untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudakah kalian menyadari?

Ringkasan teks tersebut yakni …

A. Kunci keberhasilan individu yakni pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.
B. Karakter yakni kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar pada usia dini hingga remaja. 
C. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial lantaran kunci keberhasilan.
D. Karakteristik yakni kunci keberhasilan individu sehingga pendidikan karakter penting bagi pelajar. 
9. Bacalah kedua teks berikut!

Teks I
Teks II
Pensiun merupakan masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami syndrome ketika mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu
Upaya pembenahan transportasi publik terus dilakukan. Selain menambah jaringan rute bus, juga memperbaiki sistemnya.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah...


Teks I
Teks II
A
kata tidak baku
kata-kata baku
B
istilah asing
menggunakan ungkapan
C
bahasa resmi
bahasa sehari-hari
D
kalimat tunggal
kalimat majemuk

10. Bacalah kedua kutipan kisah berikut!

Kutipan I
Kutipan II
“Cepat naik!”
“Tidak biarkan saya sendiri…!”
“Kamu jangan gila, ini tengah malam, kau mau naik apa? Apakah kau akan berjalan kaki hingga kos?”
Aku terus berjalan. Kurasakan air mataku berderai membasahi pipi. Hatiku sudah terlanjur sakit…
Sebelum jam 5, Min sudah berkemas. Kira-kira setengah jam kemudian beliau nampak mirip astronot siap ke angkasa. Jaket, helm, dan handuk kecil menjadi kostum resminya. Jam setengah enam, pelanggan ojek pertamanya yakni Rusmi, bakul sayuran di Pasar Legi. Hampir semua langganan ojeknya yakni pedagang sayur. Sekita jam 9, Min gres nongkrong di pangkalan ojek hingga sore.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan kisah tersebut yakni dimulai dengan….


Kutipan I
Kutipan II
A
latar cerita
aksi tokoh
B
aksi tokoh
masalah yang harus diselesaikan
C
garis besar cerita
aksi tokoh
D
aksi tokoh
garis besar cerita

11. Bacalah kutipan kisah berikut!
Nasib orang tidak pernah diduga. Benar kata orang bijak, jodoh, mati, senang dan celaka, itu belakang layar Tuhan. Manusia hanya bisa berikhtiar, tetapi Sang Kuasa yang menentukan. Namun, bukan berarti harus pasrah. Berusaha yakni Jalan terbaik. Bahkan, disukai Tuhan. Banyak orang yang tadinya biasa saja, tiba-tiba sehabis sekian waktu jadi orang luar biasa. Ketua RT yang tiga tahun mengabdi itu telah menjadi orang penting di perusahaan yang sudah bangun bertahun lamanya. Ia tengah dipercaya menjadi asisten pimpinan perusahaan itu.
Makna ungkapan asisten pada kutipan kisah tersebut adalah….
A. orang kesayangan
B. orang kepercayaan
C. orang kebanggaan
D kekeluargaan
12. Bacalah kutipan kisah berikut!
Di sekolah mereka, murid-murid sedang heboh mengenai wangi bunga yang menyengat ketika jam  istirahat.
“Wangi apaan nih?’
“Ha…kok wanginya kayak melati.”
“Aku heran dari mana sih datangnya wangi melati ini.”
“Gimana kalau kita cari tau dari mana asalnya wangi melati ini, Setuju gak?” tanya Keisha. 
Mereka berencana menyusun seni administrasi yang akan dilakukan nanti malam.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan kisah tersebut yakni ….
A. Di kelas Keisha ada bunga melati.
B. Murid-murid menyenangi wangi bunga melati.
C. Murid-murid mendiskusikan cara merawat bunga melati.
D. Keisha dan teman-teman ingin mencari sumber wangi di kelasnya.
……………


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.

2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 

9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua Teks Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
17. Menentukan Cara Penggambaran tabiat tokoh dalam kisah Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa  


20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK www.dikdat.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

SOAL DAN PEMBAHASAN PER INDIKATOR LENGKAP SOAL UN 2016/2017

  1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks

  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks

  1. Makna kata dalam teks

  1. Ide pokok paragraf

  1. Kalimat utama paragraf

  1. Simpulan paragraf

  1. Kalimat persetujuan dalam teks

  1. Kalimat relasi lantaran akibat

  1. Kalimat yang memperlihatkan (bukti) tabiat tokoh cerita

  1. Konflik dalam cerita

  1. Amanat cerita

  1. Kalimat yang tidak padu dalam teks

  1. Peristiwa yang tergambar dalam teks

  1. Teks laporan

  1. Urutan kalimat teks sastra

  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain

  1. Perbaikan penulisan ejaan

  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)

  1. Ringkasan teks

  1. Tokoh utama cerita

  1. Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik

  1. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita

  1. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku

  1. Struktur teks resensi

  1. Pendapat pro dan kontra

  1. Jenis-jenis teks prosedur 

  1. Melengkapi teks prosedur

  1. Menyunting teks prosedur

  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi

  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi 

  1. Fakta dan opini dalam teks biografi

  1. Membandingkan nilai moral dua teks fabel

  1. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel

  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama

  1. Cara memvariasikan kalimat

  1. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,) 

  1. Makna simbol dalam cerpen

  1. Menentukan cuilan alur cerpen

  1. Syarat-syarat paragraf yang baik 

  1. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat 

  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan

42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat


  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung 

  1. Kalimat tidak efektif

  1. Alasan penggunaan kata yang salah

  1. Penulisan abjad kapital

  1. Penggunaan ejaan yang tidak tepat

  1. Kesalahan penggunaan tanda baca

  1. Penggunaan ejaan yang tepat

  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca

Related Posts

Subscribe Our Newsletter